Cara agar belajar menyenangkan



Sebagai tenaga pendidik atau guru saat berada di dalam kelas melaksanakan proses belajar mengajar pasti menginginkan kelas dalam keadaan kondusif dan nyaman. Siswa belajar dengan rasa senang dan gembira, tidak gaduh dan ribut. Namun untuk mewujudkan hal tersebut ditaklah mudah, apalagi jika anda adalah guru sekolah dasar. Usia meraka yang masih anak-anak adalah faktor utama, kecederungan mereka adalah pada fase bermain. Maka dengan itu seorang guru sekolah dasar harus kreativ dan inovatif untuk menciptakan suasana kelas agar tidak membosankan. Berikut adalah beberapa cara yang harus dilakukan seorang guru.

Pertama, melakukan kegiatan praktek secara terjadwal. Biasanya jika siswa terus menerus hanya memperoleh teori saja dalam pembelajaran biasa akan muncul rasa bosan. Maka imbasnya ialah siswa jadi malas belajar, sukar menerima materi pelajaran, dan tidak memperhatikan keterangan materi pelajaran yang sedang disampaikan oleh guru.

Baca juga: Beasiswa BAZNAS 2018 untuk penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi

Kedua, memberikan apresiasi kepada siswa yang aktif maupun yang berprestasi. Metode ini ialah diharapkan mampu memancing atau sebagai cara untuk memotivasi siswa-siswi yang masih pasif, pendiam atau pemalu, dan yang mereka yang tidak bersemangat dalam mengikuti proses kegiatan belajar dan mengajar.

Ketiga, membuka sesi tanya jawab dengan peserta didik. Ini adalah cara ketiga untuk memancing anak agar lebih aktif dalam pembelajaran. Namun kendalanya ialah biasanya ada beberapa siswa yang pemalu, atau tidak ada penanya dalam sesi tanya jawab. Maka langkah selanjutnya anda harus mewajibkan bagi mereka, mungkin bisa diurutkan sesuai daftar absen dengan jumlah minimal satu hari lima penannya.

Keempat, menggunakan media pendukung dalam proses belajar mengajar. Media pendukung yang dimaksud contohnya yaitu dengan menggunakan power point, video atau yang laian yang bisa ditampilkan di layar proyektor. Biasa juga dengan menggunakan alat peraga sesuai dengan kreativitas anda.

Baca juga: 5 Kesalahan guru yang wajib kamu tau

Kelima, belajar menggunakan tutor sebaya. Sesekali metode ini juga perlu dipraktekan kepada peserta didik. Dengan mempraktekan metode ini peserta didik diharapkan memiliki jiwa kepemimpinan selain itu proses pembelajaran juga menyenangkan. Metode ini biasanya digunakan untuk menghafal, siswa yang sudah hafal bisa menyimak siswa lain yang belum hafal.

Diatas adalah lima cara ikhtiyar kita sebagai tenaga pendidik untuk menciptakan proses pembelajaran yang yang menyenangkan. Tentunya masih banyak cara yang anda lebih bisa dikuasai. Selaih dari kelima cara diatas yang harus kita lakukan juga yakni dengan mendoakan yang terbaik untuk siswa-siswi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel