Beberapa keistimewaan di bulan ramadhan

Bulan ramadhan adalah sebuah bulan yang begitu istimewa bagi umat muslim, hampir seluruh umat muslim di dunia menanti bulan tersebut. Selama satu bulan lamanya kita menjalankan ibadah puasa, dan di sambut dengan hari kemenangan yakni hari raya idul fitri. Didalam bulan ramadhan sendiri terdapat beberapa keistimewaan diantaranya yakni terbukanya pintu maaf dan ampunan bagi mereka yang mendambakannya.
Beberapa keistimewaan di bulan ramadhan
Ada beberapa sebab dan alasan mengapa bulan ramadhan sangat begitu istimewa jika dibandingkan dengan bulan-bulan yang lain. Selain itu didalam bulan ramadhan juga terdapat peristiwa-peristiwa bersejarah bagi umat Islam.

Pada tulisan kali ini kita akan membahas beberapa keistimewaan yang terdapat di dalam bulan ramadhan, tentunya dengan harapan jika kita sudah mengetahui keistimewaan tersebut kita akan lebih giat dan khusus dalam menjalankan ibadah kepada Allah SWT. Dan berikut adalah beberapa keistimewaan yang terdapat didalam bulan ramadhan.

1. Malam nuzulul quran (bulan diturunkanya al-Quran)

Sudah sangat jelas disebut dalam al-Qur'an surat baqarah ayat 185 yang artinya "Bulan Ramadan adalah bulan yang di dalamnya diturunkan al-Qur'an sebagai petunjuk bagi manusia, penjelasan bagi petunjuk, dan furqan (pembeda)."

Sebagai umat Islam kita sangat bersyukur memiliki warisan dari baginda Nabi Muhammad SAW yang berupa al-Qur'an, yang bisa kita jadikan petunjuk dan penerang saat di dunia maupun di akherat kelak, dengan harapan semoga kita mendapat syafaatnya.

2. Malam lailatul qadar (malam seribu bulan)

Setiap hamba pasti mendambakan malam ini, malam yang didalam al-Qur'an disebut sebagai malam seribu bulan. Pada malam yang sangat mulia ini, siapapun umat islam yang pada malam itu sedang beribadah maka amal perbuatannya dihitung bagaikan mengerjakan selama seribu bulan. Diyakini malam lailatul qadar akan turun pada malam ganjil di akhir bulan, namun alangkah baiknya jika kita setiap malam selalu senantiasa beribadah kepada Allah dengan niat yang ikhlas hanya mencari ridho-Nya.

3. Bulan ampunan dan dikabulkannya doa

Setiap manusia pasti pernah memiliki dosa dan kesalahan, maka jika anda pun merasakan demikian manfaatkanlah bulan ramadhan kali ini dengan memperbaiki diri sekaligus meminta ampunan atas segala kesalahan yang pernah diperbuat. Selain itu pada bulan ramadhan juga mari kita manfaatkan untuk memperbanyak ibadah dan meminta atau berdoa kepada Allah atas segala khajat yang sedang kita harapkan.

4. Bulan keberkahan

Bulan ramadhan adalah bulan yang sangat penuh dengan keberkahan. Bagaimana tidak, coba anda bayangkan bahwa pada sepuluh hari pertama bulan ramadhan adalah bulan yang penuh rahmat, pada sepuluh hari kedua yakni bulan yang penuh dengan ampunan Allah, dan sepuluh hari terakhir di bulan ramadhan adalah dimana seluruh umat Islam dibebaskan dari api neraka. Bahkan setelah kita melaksanakan zakat fitrah maka kita bagaikan kembali dilahirkan, bersih dari segala dosa-dosa kepada Allah seperti bayi.

5. Bulan dilipat gandakan setiap amal perbuatan

Setiap amal perbuatan baik pasti mendapatkan pahala disisi Allah SWT, namun ada pengecualian atau pengkhususan pada bulan ramadhan. Pada bulan ini amal perbuatan yang kita kerjakan akan dilipat gandakan. Selain itu intensitas ibadah kita juga akan berbeda, pada malam hari kita disibukan dengan shalat tarawih dan tadarus al-Quran, bahkan biasanya pengajian-pengajian di musholah maupun masjid berjalan dengan istiqomah.

Itulah beberapa keistimewaan di bulan ramadhan. Semoga kita mendapatkan ridho dan kesih sayang Allah SWT.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel