Download khutbah Idul Fitri dan tata cara melaksanakan shalat Ied


Gurutegal.com - Setelah satu bulan lamanya menjalani puasa di bulan ramadhan kini beberapa saat lagi umat muslim seluruh dunia akan menyambut hari kemenangan yang penuh dengan kegembiraan yakni hari raya idul fitri. Gema suara takbir berkumandang diseluruh pelosok desa, semua keluarga berkumpul dan bahagia. Puasa menahan lapar dan haus akan lebih sempurna lagi jika pada malam itu sebelum melaksanakan shalat ied kita juga menunaikan dan berniatmengeluarkan zakat fitrah.
Setelah satu bulan lamanya menjalani puasa di bulan ramadhan kini beberapa saat lagi umat muslim seluruh dunia akan menyambut hari kemenangan yang penuh dengan kegembiraan yakni hari raya idul fitri. Gema suara takbir berkumandang diseluruh pelosok desa, semua keluarga berkumpul dan bahagia. Puasa menahan lapar dan haus akan lebih sempurna lagi jika pada malam itu sebelum melaksanakan shalat ied kita juga menunaikan dan berniat mengeluarkan zakat fitrah.    Selain itu pada pagi harinya umat Islam juga memiliki amalan sunah yang sangat dianjurkan, yakni melaksanakan shalat idul fitri. Shalat idul fitri sendiri bisa dilaksanakan di masjid maupun di lapangan, tentunya dilakukan dengan cara berjamaah dan memenuhi persyaratan. Salah satu syarat melaksanakan shalat idul fitri adalah dengan didahului khotbah. Namun berbeda dengan khotbah saat shalat jumat, pada shalat idul fitri khotbah akan dilaksanakan setelah menjalankan shalat.
Selain itu pada pagi harinya umat Islam juga memiliki amalan sunah yang sangat dianjurkan, yakni melaksanakan shalat idul fitri. Shalat idul fitri sendiri bisa dilaksanakan di masjid maupun di lapangan, tentunya dilakukan dengan cara berjamaah dan memenuhi persyaratan. Salah satu syarat melaksanakan shalat idul fitri adalah dengan didahului khotbah. Namun berbeda dengan khotbah saat shalat jumat, pada shalat idul fitri khotbah akan dilaksanakan setelah menjalankan shalat.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang tata cara shalat idul fitri dan materi tentang khotbah idul fitri. Meskipun sudah banyak ustadz yang sangat hafal dan paham betul tentang khotbah idul fitri namun barang kali ini bisa memberi wawasan baru untuk anda, atau sebagai persiapan dan bahan belajar barangkali anda ditugaskan oleh masyarakat untuk menjadi khotib pada shalat idul fitri. Berikut adalah beberapa contoh khotbah shalat idul fitri.


Itulah beberapa contoh khotbah idul fitri yang bisa anda download untuk anda pelajari. Jika anda merasa kesulitan mendownload atau mengunduh file tersebut, berikut adalah cara mendownload file khotbah idul fitri.

Langkah pertama adalah klik tautan atau tulisan berwarna biru diatas, maka secara otomatis anda akan berada pada laman atau halaman download. Selanjutnya klik tombol panah bawah yang berada di sebelah pojok atas kanan layar laptop atau komputer anda. Jika sudah maka tunggu beberapa menit dan file tersebut akan secara otomatis tersimpan.

Kembali ke pokok pembahasan yakni tentang shalat idul fitri. Bahwa beberapa syarat atau tata cara melaksanakan shalat idul fitri diantaranya adalah sebagai berikut.

Pertama, anda harus mengucapkan niat shalat idul fitri dan kemudian mengangkat kedua tangan yakni melakukan takbiratul irham. Setelah membaca doa iftitah selanjutnya kita melakukan takbir sebanyak tujuh kali.

Kedua, setelah melaksanakan takbir sebanyak tujuh kali selanjutnya adalah membaca surat al fatekhah dan setelah itu dianjurkan untuk membaca surat al-Ghasyiyah. Kemudian ruku, sujud, dan duduk diantara dua sujud hingga berdiri lagi.

Ketiga, setelah anda berdiri lagi dan pada posisi rokaat kedua selanjutnya anda kembali melakukan takbir sebanyak lima kali. Yang perlu digaris bawahi ialah bahwa melaksanakan takbir pada rokaat pertama yang jumlahnya tujuh kali dan pada rakaat kedua yang jumlahnya adalah lima kali hukumnya ialah sunah, maka jika anda tidak sempat melaksanakan takbir shalat ied tetap sah.

Keempat, melakukan ruku dan sujud seperti rakaat pertama dan kemudian hingga salam. Selanjutnya anda jangan segera pulang, sebab setelah itu anda dianjurkan untuk mendengarkan paparan khutbah idul fitri seperti yang sudah kita bahas di atas.

Itulah sedikit penjelasan tentang shalat ied dan khotbah idul fitri. Semoga pada hari raya kali ini kita benar-benar meraih kemenangan dan menjadi hamba yang di maafkan semua kesalahan oleh Allah SWT serta kembali bersih dari segala bentuk dosa.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel