Beasiswa Astra 2018-2019

Beasiswa Astra 2018-2019
Beasiswa ASTRA merupakan beasiswa yang diberikan oleh Yayasan Toyota Astra (YTA) untuk mahasiswa S1, S2 dan S3. Beasiswa sudah ada mulai dari beberapa tahun yang lalu. Ada beberapa jenis beasiswa yang disediakan yaitu beasiswa reguler, beasiswa tesis, dan beasiswa untuk kegiatan ilmiah yang dilakukan oleh mahasiswa.

Yayasan Toyota Astra merupakan perusahaan yang sudah berumur karena didirikan sejak tahun 1974. Yayasan ini sudah banyak memberikan kontribusinya untuk Indonesia melalui bidang pendidikan khususnya teknologi. Kuota yang diberikan pada masing-masing beasiswa juga terbatas.

Tujuan pemberian beasiswa ini adalah agar Yayasan Toyota Astra dapat berkontribusi untuk memajukan bangsa Indonesia melalui jalur pendidikan. Beasiswa ini bahkan tidak hanya disediakan untuk tingkat sarjana saja namun mulai dari sekolah dasar sudah ada beasiswa ini.

Beasiswa ASTRA disalurkan ke 34 Perguruan Tinggi yang ada di Indonesia. Beasiswa ini diharapkan mampu membantu biaya pendidikan mahasiswa selama masa kuliah dan akan diberikan bantuan setiap bulan. Adapun persyaratan yang harus dipenuhi untuk bisa mendaftar beasiswa ini.

Yayasan Toyota Astra juga berharap tidak ada lagi keterlambatan dalam memberikan bantuan kepada pendaftar yang lolos sehingga bisa membantu teman-teman. Selain itu, apa yang sudah direncanakan bisa berkontribusi bagi perkembangan Indonesia yang lebih baik lagi.

Untuk beasiswa reguler biasanya ditujukan untuk mahasiswa strata 1, adapun persyaratan yang harus dipenuhi seperti :

  1. Warga Negara Indonesia (WNI)
  2. Pendaftar merupakan mahasiswa yang mengambil jurusan teknik, MIPA, pertanian atau kehutanan dan perikanan.
  3. Pendaftar merupakan mahasiswa semester V sampai dengan VII untuk tahun 2018-2019.
  4. Pendaftar bukan mahasiswa yang memiliki pekerjaan tetap dan tidak sedang menerima beasiswa lain.
  5. Permohonan pendaftaran mahasiswa bisa dilakukan melalui wakil rektor tiga bidang kemahasiswaan tingkat Universitas.
Beasiswa yang kedua adalah beasiswa tesis dan disertasi, beasiswa ini ditujukan untuk pasca sarjana. Khususnya beasiswa ini ditujukan untuk dosen atau staf pengajar di Universitas Negeri di Indonesia. Bantuan yang diberikan oleh Yayasan Toyota Astra sebesar Rp. 10.000.000 bagi yang lolos.
Adapun persyaratan yang harus dipersiapkan untuk mengikuti beasiswa ini, yaitu :

  1. Merupakan staf pengajar di Universitas Negeri yang sedang melanjutkan program pasca sarjana.
  2. Memiliki IPK minimal 3,5
  3. Bidang penelitian lebih difokuskan ke bidang teknik dan pelestarian lingkungan hidup.
  4. Melampirkan rekomendasi dari Rektor asal Universitas dan Dekan program pasca sarjana.
  5. Menyertakan proposal penelitian yang sudah lengkap sesuai dengan panduannya.
  6. Apabila dalam waktu tiga bulan tidak mendapat balasan berarti anda belum lolos.

Beasiswa yang ketiga adalah beasiswa untuk kegiatan ilmiah. Diharapkan melalui beasiswa ini mahasiswa/i dapat memberikan ide atau gagasan baru sesuai dengan bidang ilmu yang diambil. Beasiswa ini digali melalui seminar, simposium, kongres dan pameran yang berkaitan dengan bidang ilmu masing-masing.

Mengingat kuota yang disediakan sangatlah terbatas diharapkan teman-teman bisa memanfaatkan peluang dan jangan sampai tertinggal informasi yang ada di website beasiswa tersebut. Jika teman-teman ingin mengetahui lebih lanjut terkait program beasiswa ini teman-teman bisa buka website Beasiswa ASTRA.

Dengan adanya beasiswa ASTRA diharapkan dapat membantu biaya pendidikan mahasiswa/i dan juga melatih softskills mereka. Yang terpenting lagi mereka bisa menyalurkan ide atau gagasan mereka untuk membuat perkembangan yang positif untuk Indonesia.
Semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi teman-teman.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel