Daftar Universitas Negeri di Indonesia dan Jurusannya

Gurutegal.com - Indonesia merupakan negara yang memiliki beragam budaya, agama dan pulau yang sangat luas. Hal tersebut menuntut negara Indonesia untuk menyediakan pendidikan yang merata juga. Salah satunya adalah perguruan tinggi yang harus disediakan setiap wilayah baik negeri maupun swasta.
Daftar Universitas Negeri di Indonesia dan Jurusannya Sudah banyak sekali Universitas Negeri di Indonesia mulai dari yang memiliki peringkat terbaik di dunia maupun di Indonesia. Universitas negeri sendiri bergerak di bawah Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemenristekdikti). Sekolah tinggi negeri agama islam dan perguruan tinggi kedinasan juga dikelola oleh Kemenristekdikti.

Setiap Universitas memiliki program studi yang berbeda-beda dan banyak sekali.  Hal ini dimaksudkan agar para calon mahasiswa/i bisa memilih jurusan sesuai yang diminatinya dan mempersiapkan mereka agar menjadi lulusan yang berkualitas.

Berikut 5 daftar Universitas Negeri di Indonesia dan jurusan yang ada di Universitas tersebut :

1. Universitas Indonesia (UI)

UI merupakan salah satu Universitas terbaik di Indonesia yang sudah terakreditasi A. Ada beberapa jurusan sesuai dengan stratanya. Untuk D3 ada jurusan administrasi perpajakan, administrasi asuransi dan aktuaria, ilmu komunikasi, fisioterapi, okupasi terapi, administrasi perkantoran dan sekretaris, administrasi keuangan dan perbankan, perumahsakitan, manajemen informasi dan dokumen serta pariwisata.

Untuk strata profesi ada apoteker, pendidikan profesi akuntansi, psikologi profesi, profesi dokter, profesi dokter gigi, dan profesi ners. Sedangkan untuk strata S1 ada ilmu kesejahteraan sosial, ilmu komputer, gizi, sosiologi, ilmu hukum, statistika, matematika, teknik kimia, manajemen, arsitektur, kimia, teknik komputer, teknik lingkungan, kesehatan lingkungan.

Selain itu masih ada jurusan farmasi, akuntansi, perkapalan, teknik mesin, teknik sipil, sistem informasi, teknik elektro, teknik industri, administrasi negara, administrasi niaga, administrasi fiskal, bisnis islam, sastra rusia, psikologi, ilmu hubungan internasional, ilmu ekonomi, kedokteran gigi, sastra jawa dan masih banyak yang lain.

2. Universitas Pertahanan Indonesia (UNHAN)

Universitas Pertahanan Indonesia merupakan perguruan tinggi yang menyediakan program untuk magister atau S2. Universitas ini menyelenggarakan pendidikan akademik dan vokasi pada bidang pertahanan dan bela negara.

Jurusan yang ada di UNHAN adalah program studi magister strategi perang semesta, program studi magister damai dan resolusi konflik, program studi magister peperangan asimetrik, program studi magister diplomasi pertahanan, program studi magister manajemen pertahanan, program studi magister ekonomi pertahanan, program studi magister bencana untuk keamanan sosial dan masih banyak yang lain.

3. Universitas Negeri Jakarta

Universitas Negeri Jakarta merupakan Universitas yang sudah lama didirikan dan bertempat di Jakarta. Jurusan yang ada di sana seperti teknologi pendidikan, manajemen pendidikan, pendidikan konseling, pendidikan matematika, pendidikan biologi, pendidikan teknik bangunan, ilmu agama islam dan lainnya.

4. Universitas Padjajaran

Universitas Padjajaran atau yang biasa dikenal dengan UNPAD merupakan Universitas yang semakin mengalami kemajuan. Ada berbagi jurusan yang ada di UNPAD yaitu ilmu hukum, ekonomi pembangunan, manajemen, akuntansi, ekonomi islam, pendidikan dokter, matematika dan lainnya.

5. Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada (UGM) merupakan salah satu Universitas terbaik di Indonesia bahkan di Luar Negeri. Ada banyak jurusan yang ada di UGM seperti sumber daya lahan, kependudukan dan kebijakan, ekonomi kerakyatan, lingkungan hidup, pariwisata, bahasa korea.

Selain itu masih ada jurusan bioteknologi, pangan dan gizi, fermakologi klinik dan kebijakan obat, pedesaan dan kawasan, sosial asia tenggara, sumber daya dan teknologi kelautan, transportasi dan logistik, pengendalian hayati, keamanan dan perdamaian, pancasila, wanita, asia pasifik, bencana, ekonomi dan kebijakan publik, jepang, agroteknologi, energi, perdagangan dunia, ilmu teknik, dan bahasa jerman.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel