Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Dengan Benar

Membuat surat lamaran kerja adalah hal yang sangat mudah, namun jika anda belum memiliki pengalaman terkait hal tersebut tentu akan sedikit berbeda. Maka penting kiranya untuk kita bahas tentang cara membuat surat lamaran kerja. Surat lamaran kerja adalah sesuatu yang harus anda penuhi ketika anda ingin bisa bekerja di tempat yang anda inginkan. Surat lamaran kerja sendiri harus di masukan ke dalam satu amplop yang didalamnya berisi beberapa dokumen pendukung seperti foto copy KTP, Foto diri, Daftar riwayat hidup, Foto copy ijazah, Foto copy transkrip nilai, dan sertifikat penghargaan jika ada.
Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Dengan Benar
Pada surat lamaran kerja intinya adalah membuat informasi semenarik mungkin terkait dengan identitas anda, selain itu sebagai data penunjang anda juga diminta untuk menuliskan atau menggambarkan secara singkat tentang keahlian yang anda miliki. Maka dengan itu anda wajib memberikan informasi yang benar, tidak berdasarkan pada kebohongan atau dalam tekanan pihak lain.

Sebagai fresh graduate (siswa yang baru selesai sekolah dan belum memiliki pengalaman bekerja) membuat surat lamaran kerja tentu juga sesuatu hal yang baru, bahkan mungkin masih sedikit bingung dari mana akan memulainya, jika memang demikian berikut adalah cara membuat surat lamaran kerja untuk siswa lulusan SMA/SMK.

1. Tertarget

Yang dimaksud tertarget disini adalah anda harus benar-benar selektif dalam memilih lowongan pekerjaan yang ada. Jika ada sebuah informasi terkait dengan lowongan pekerjaan silahkan pelajari dan perhatikan secara mendalam. Lihat apa saja persyaratan yang harus dipenuhi, dan pada posisi atau bagian apa saja yang memang sedang dibutuhkan. Dengan demikian anda akan lebih mudah membuat surat lamaran pekerjaan, selain itu kemungkinan anda untuk bisa bekerja di perusahaan tersebut pun semakin terbuka.

2. Penulisan 

Anda harus bisa membedakan antara menulis surat lamaran kerja dengan menulis surat cinta. Menulis surat lamaran kerja harus menggunakan ejaan bahasa Indonesia yang benar. Dan harus menggunakan ungkapan yang formal serta sesuai dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia. Anda juga perlu mengecek beberapa kali untuk memastikan tidak ada kekeliruan dalam penulisan. Teliti kembali, biasanya ada kesalahan terkait dengan penulisan nama, tanggal, alamat, dan lain sebagainya. Selain itu yang biasa terjadi juga ada beberapa huruf yang tidak tertulis dalam satu kata.

3. Mulai menulis surat lamaran

Setelah memulai dengan kalimat pembuka langkah selanjutnya adalah dengan menulis kalimat yang terkait dengan minat dan ketertarikan anda untuk bisa bekerja di perusahaan tersebut. Kemudian jangan lupa juga untuk menulis apapun informasi yang terkait dengan identitas anda. Jika sampai sini anda masih juga merasa bingung cobalah mencari di internet tentang berbagai macam contoh surat lamaran pekerjaan.

4. Membuat curriculum vitae 

Curriculum vitae atau yang sering disebut juga dengan daftar riwayat hidup adalah salah satu yang juga harus anda siapkan ketika akan melamar pekerjaan. Dengan adanya curruculum vitae pihak perusahaan akan lebih mudah mengetahui keahlian yang anda miliki. Di curriculum vitae biasanya berisi tentang daftar riwayat pendidikan anda dan pengalaman bekerja atau keterampilan yang anda miliki, dengan dibuktikan menggunakan sertifikat atau penghargaan.

5. Menyusun berkas pendukung

Langkah terakhir dalam penyusunan cara membuat surat lamaran kerja adalah dengan menyiapkan beberapa berkas seperti pas foto berukuran 4x6, foto kopy KTP/kartu pelajar, SKCK, foto copy ijazah, foto copy nilai atau rapot.

Semoga sampai disini anda sudah mulai paham bagaimana cara membuat surat lamaran kerja. Jika masih ada sesuatu yang kurang jelas silahkan bisa ditanyakan di kolom komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel